Selamat Datang

Selamat Datang, terima kasih telah sudi mengunjungi dan sharing bersama Erik Rachmat

Rabu, 10 Februari 2010

Perkembangan Fotografi ( Kamera )


Kamera

Pada awalnya kamera merupakan sebuah kotak sederhana yang berlubang seukuran jarum pada salah satu sisinya (kamera Obscura atau Pinhole) tepat di tengah kotak tersebut. Dari lubang tersebut cahaya yang masuk diteruskan ke permukaan film sebagai media rekam. Namun sebelum ditemukannya film, cahaya yang masuk dipantulkan ke permukaan kertas dan diatas kertas tersebut orang menggambarkan dengan tinta. Kata fotografi berasal dari kata fotos dan grafos (melukis dengan cahaya)

Kemudian perkembangan selanjutnya lubang tersebut diberi lensa dan seterusnya kamera berkembang secara mekanik dan elektronik. Hingga saat ini kamera sudah sampai pada era digital yang tidak memerlukan film sebagai media rekamnya sehingga menjadikan fotografi sangat fleksibel dan sangat menunjang bidang lainnya.

Jenis Kamera

Sistem pengintaian kamera dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1. kamera non refleks : kamera langsung jadi dan kamera kompak
2. kamera refleks : kamera SLR (Single Lens Reflex) dan TLR (Twin Lens Reflex)

Format Kamera

1. camera format 35 mm
2. medium format camera
3. large format camera

Sistem Bidik

1. View kamera, sistem pada kamera ini sangat sederhana yaitu cahaya yang masuk melalui lensa langsung diteruskan ke jendela bidik yang juga berfungsi sebagai focal plane/film (tanpa melalui pantulan cermin), menjadika hasil gambar menjadi terbalik baik sisi kiri-kanan maupun atas-bawah.
2. Fiew finder camera (range finder camera) atau kamera penemu jarak/pandang. Pada kamera ini antara jendela bidik dan lensa terpisah, fungsi lensa untuk merekam objek sedangkan jendela bidik yang terpisah hanya untuk membidik objek/framing. Adapun kelemahan kamera jenis ini adalah terjadinya paralax atau antara framing jendela bidik dengan framing yang masuk ke film tidak sama.
3. Single lens reflex atau kamera dengan refleks lensa tunggal, gambar yang diterima film maupun jendela bidik sama persis, sistem ini terjadi karena adanya cermin pantul yang berada di antara lensa denga film, yang dipantulkan ke jendela bidik.
Sumber : Workshop Penggemar Fotografi Tasikmalaya (FPT)

1 komentar:

  1. weitsss....dh punya blog sendiri yg bisa sharing mengenai fotografi ya cay???yah..walaupun aku gak ngerti2 amat, tp bisa dijadiin referensi nih buat nambah pengetahuan...CHAYOOOO!!!!! tambah lg artikelnya cay.....(first comment nih...hehehehe)

    BalasHapus