Selamat Datang

Selamat Datang, terima kasih telah sudi mengunjungi dan sharing bersama Erik Rachmat

Selasa, 09 Februari 2010


SEJARAH KAMERA



Sejarah kamera dimulai dengan ditemukannya alat perekam gambar yaitu berupa kamera. Kamera pada zaman itu belum setara dengan kamera zaman sekarang. Pada saat pertama diperkenalkan kamera hanya berbentuk kotak kedap cahaya dengan lubang kecil di depan dan disertai plat film sebagai media rekamnya. dibutuhkan waktu 150 tahun untuk mengembangkan kotak ini sampai menjadi kamera yang sekarang kita kenal.

tahun 1839 adalah awal dikembangkannya kamera oleh Denguarre di benua Eropa tepatnya di ota Paris, Prancis. Bermula dari bahan kimia peka cahaya yang dikembangkan rekannya, Niepce dengan teknologi kotak lubang jarum, Denguarre mengembangkan suatu bidang baru yaitu Fotogafi.

Namun setelah 26 tahun berjalan, fotografi menjadi suatu alat yang strategis untuk kepentingan dokumentasi, yang pada masa itu dokumentasi dilakukan dengan cara melukis, ini menjadikan fotografi sangat penting dalam merekam peristiwa-peristiwa bersejarah pada masa itu, misalnya perang saudara di Amerika dan lain-lain. Apalagi setelah George Eastman mendirikan Eastman Kodak Company yang memproduksikan kamera secara masal dan mudah dipergunakan oleh masyarakat umum, menjadikan fotografi sangat pesat perkembangannya, karena sebelumnya kamera merupakan barang yang sangat mewah, dan hanya orang-orang kalangan tertentu saja yang dapat difoto.
Sumber : Workshop Penggemar Fotografi Tasikmalaya (FPT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar